Tanamkan Disiplin sejak Kecil

MASA libur sekolah menjadi saat yang tepat berkumpul bersama keluarga. Tapi aktivitas libur anak perlu Anda arahkan. Sebab, jika orangtua salah mengarahkan, hasilnya sang anak pun hanya bermalas-malasan di rumah.

Apa yang anak Anda lakukan saat liburan? Bagi anak yang berasal dari kalangan berada, pergi berlibur ke luar kota atau bertamasya ke objek wisata mungkin menjadi pilihan favorit. Namun, tidak demikian halnya dengan anak yang orangtuanya berpenghasilan pas-pasan.

Ditambah krisis global yang membuat perekonomian terpuruk, berlibur di rumah pun menjadi satu-satunya pilihan. Meski demikian, jika orangtua tidak pandai mengarahkan buah hatinya, bisa jadi liburan di rumah hanya diisi dengan bermalas-malasan.

Apalagi, anak kerap mengidentikkan liburan dengan kebebasan, baik itu bebas nonton TV, bebas main playstation, bebas dari kegiatan belajar, atau bebas tidur larut malam, dan bangun siang karena tidak ada keharusan untuk masuk sekolah. Nah, walau liburan sekolah tinggal lima hari lagi tak berarti orangtua terlambat mengingatkan anak untuk tetap disiplin dan bertanggung jawab saat libur.

Hal ini penting agar si anak jauh lebih siap menyongsong tibanya waktunya berjibaku dengan kegiatan belajar di sekolah kembali. Untuk menghilangkan imbas negatif dari masa liburan yang cukup panjang dari aktivitas sekolah, Associate dari Surindo Consultant, Sri Ratna Sulistiantini Psi menganjurkan agar orangtua membuat kegiatan positif selama liburan.

Misalnya, orangtua dan anak saling mendekatkan diri dengan melakukan kegiatan bersama yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, merangsang pola berpikir, memperluas pengetahuan dan wawasan, serta mendekatkan anak dengan alam dan suara.

Dalam hal kedisiplinan, lingkungan dan orangtua harus bisa memotivasi anak untuk tetap melakukan aktivitas rutin harian seperti bangun pagi, membantu menyiapkan sarapan, dan merapikan tempat tidur sendiri. Sementara itu, konsultan sejumlah preschool di Jakarta, Lely Tobing mengemukakan, konsep kedisiplinan hendaknya disesuaikan dengan usia anak.

Untuk anak yang masih kecil tidak bisa diterapkan hal-hal terlalu ketat. Dari segi sosial emosional, anak usia kurang dari tiga tahun juga cenderung masih egosentris. “Saat menginjak usia empat tahun, orangtua bisa mulai membangun ke arah kedisiplinan, seperti dikenalkan jam tidur dan merapikan tempat tidur sendiri,” paparnya.

Tak kalah penting adalah tanggung jawab. Dr Marvin Marshall, seorang konsultan dan penulis di sebuah surat kabar elektronik di Amerika Serikat berpendapat, saat liburan orangtua sering kali hanya memikirkan soal hadiah apa yang akan diberikan pada putra-putrinya.

“Padahal ada hadiah yang tak ternilai harganya dan akan berguna hingga akhir hayat anak-anak kita, yaitu tanggung jawab,” kata Marshall seperti dikutip dalam presentasi bertajuk How to Promote Responsibility.

Menurut dia, ada beberapa cara menanamkan tanggung jawab dan disiplin saat liburan tanpa membuat anak stres, tanpa hukuman atau pemberian hadiah.

Pertama, usahakan selalu mengatakan dengan bahasa yang positif. Misalkan: “Kalau kamu bisa menyelesaikan PR-mu dengan cepat, maka kamu bisa segera pergi”. Ini akan lebih efektif ketimbang mengatakan: “Kalau kamu tidak mengerjakan PR-mu, maka kamu tidak boleh pergi,”.

Jadi setiap perkataan dan tindakan hendaknya dilandasi dengan kebijakan. Kedua, tawarkan pilihan. Pilihan memang bisa dibatasi, tapi dengan sering melatih anak untuk memilih, maka dia juga akan semakin bertanggung jawab, terutama terhadap pilihannya itu. Ketiga, berhati-hatilah dengan pertanyaan “mengapa?”.

Dalam pertanyaan tersebut terkandung makna “mengemukakan alasan”, menjadi korban, atau menghindari tanggung jawab. Ketika anak merasa terdesak, dia bisa mengemukakan alasan yang tidak benar (berbohong) untuk melindungi dirinya dari rasa bersalah.
Keempat, jadilah pendengar yang baik. Orangtua hendaknya mencoba mengerti dan mendengarkan keluhan anak tanpa menginterupsi. “Mengunci mulut” saat anak bercerita mungkin agak berat, tapi ini adalah cara tepat meningkatkan komunikasi. Walau bagaimanapun anak-anak juga butuh untuk curhat, maka jadilah pendengar yang baik sehingga mereka bisa mencontohnya.

Kelima, kemukakan keinginan Anda sebagai orangtua. Beri kesempatan pada anak untuk menolong Anda, karena anak-anak tumbuh dengan memberi.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s


  • gadgeTTechs - Read the latest technology news about gadgets, laptop computers, hardware, software, digital camera, video games, including new product releases, and future technology trends.

  • Tulisan Terakhir: DISANGUAN

    6 Manusia Mirip Monster dengan berbagai Modifikasi Di Tubuhnya

    Disanguan.com – Bentuk tubuh ideal dan sempurna adalah dambaan setiap orang. Demi mewujudkan keinginannya memiliki bentuk tubuh yang ideal segala cara pun dilakukan, mulai dari diet ekstrim hingga operasi plastik. Menjadi manusia yang sempurna dengan bentuk tubuh ideal bukanlah hal mustahil. Semua orang akan tekesima apabila bentuk tubuh yang dimiliki tergolong sempurna. Selain itu rasa […]

    10 Cerita Asal Usul Hantu Indonesia yang Paling Menyeramkan, Berani Baca?

    Di Indonesia, berkembang ragam cerita mistis yang melibatkan berbagai jenis makhluk astral. Ada yang berangkat dari mitos lokal, ada pula yang diperkenalkan oleh film, serial TV, hingga reality show. Popularitas “mereka” tak lekang oleh zaman dan kerap jadi perbincangan dari generasi ke generasi. Terbukti, flm-film horor terus diproduksi dan bertengger lama di bioskop. Pengunjung berdatangan […]

    20 Foto Ini Jadi Lucu karena Momen “Tidak Sengaja” yang Tepat

    Dalam hidup, sering kali kita mengalami kejadian di luar dugaan. Ada yang menegangkan, ada yang mengejutkan, dan ada pula yang menyenangkan. Termasuk pula, saat mengabadikan momen dalam bentuk foto. Terkadang, kita kesal apabila saat pengambilan foto, photo bomber yang muncul tiba-tiba. Ada kalanya pula foto menjadi blur karena pergerakan objek. Namun, saat mestakung a.k.a semesta […]

    Menarik, 7 Hewan Liar yang Eksotis Ini Ternyata Legal untuk Dipelihara!

    Generasi anti-mainstream, jelas selalu ingin tampil beda dan alergi dengan kata “lumrah”. Termasuk pula, saat memilih hewan peliharaan. Kucing, anjing, ikan, burung, atau ular, terasa begitu wajar dan terlalu biasa, sehingga kurang menarik untuk diadopsi menjadi teman. Hanya saja, kamu pasti mengetahui bahwa hewan liar yang langka dan unik, tidak diperkenankan untuk menjadi peliharaan pribadi. […]

    5 Drama Korea Yang Wajib Anda Tonton!

    Disanguan – 5 Drama Korea Terpopuler Yang Wajib Anda Tonton! Seiring berkembangnya teknologi, semakin mudah seseorang mengakses segala hal yang menembus ruang dan waktu. Salah satunya dalam hal hiburan, yang berbasis elektronik. Dengan memanfaatkan gadget, Anda dapat menikmati segala bentuk hiburan seperti film, drama, musik, puisi, maupun game. Banyak diantara kita yang telah bosan dengan […]

    6 Artis yang Sering Pasang Foto Hot di Instagram. Bikin Iri atau Jatuh Hati?

    Di zaman serba digital, kini masyarakat bebas mengekspresikan dirinya. Tak sedikit masyarakat umum hingga selebriti yang mengabadikan momentnya di platform media sosial. Tak ada larangan tentang apa saja yang boleh kita publikasikan. Oleh karena itu, banyak gambar berpose seksi didukung pakaian minimalis hingga bikini yang bertebaran di dunia maya. Sayangnya, banyak anak dibawah umur yang […]

    10 Photobomb Hewan Menggemaskan

    Dalam dunia fotografi terdapat sebutan photobomb. Photobomb adalah aksi usil seseorang dalam mengubah foto agar menjadi lucu bahkan kacau. Namun tak hanya manusia, ternyata hewan pula senang dengan kamera dan suka menghancurkan moment-moment indah dengan kejahilannya. Berikut akan kami sajikan kejahilan hewan yang ingin ikut berpose bersama. 1. Jerapah Hewan yang identik dengan leher yang […]

    “Group Voice Call” dan “Group Video Call”, Fitur yang dinanti penghuni WhatsApp Group

    Fitur Baru WhatsApp: Group Voice Call dan Group Video Call Group Voice Call dan Group Video Call, fitur yang memungkinkan sesama anggota grup di aplikasi perpesanan WhatsApp untuk bisa mengobrol bersama-sama sepertinya tak akan lama lagi segera diluncurkan, mengingat Facebook sebagai perusahaan induk dari WhatsApp ini telah menanamkan fitur Group Call di aplikasi pesan instan […]

    Cara Tanam dan Budidaya Baby Caisim

    Cara Tanam dan Budidaya Baby Caisim Baby caisim ini ditanam dengan naungan plastik, tanpa pindah tanam, dan dipanen dalam waktu lebih singkat. Wujud baby caisim tidak berbeda dengan caisim biasa. Hanya ukurannya lebih kecil dan terlihat lebih muda. Karena memang ia dipetik saat umurnya baru 20-25 hari, sementara caisim biasa dipanen umur 40-45 hari. Budidaya […]

    Berdoa Untuk Kaum Muslimin Dan Para Pemimpin Ketika Khotbah Kedua Sholat Jum’at

    Berdo’a adalah suatu permohonan seorang hamba kepada sang maha pencipta Allah Subhanahu wa Ta’ala yang disertai dengan kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan berada di sisi-Nya. Berdoa itu juga adalah ritual keagamaan yang slalu kita lakukan setiap saat, terutama saat-saat dimana kita membutuhkan pertolongan dan bimbingan-Nya serta juga dalam keadaan-keadaan khusus tertentu (semisal […]


%d bloggers like this: