Ingin Ramping? Biasakan Sarapan!

MEMULAI hari dengan sarapan pagi adalah kebiasaan positif. Tak hanya membuat tubuh lebih berenergi, orang yang rajin sarapan terbukti mampu membentuk tubuhnya lebih langsing.

Ahli gizi dan kuliner, Tuti Soenardi mengungkapkan, sarapan pagi merupakan jadwal makan paling penting dalam keseharian. Jika manusia diibaratkan mobil, sarapan adalah “bensin pertama” yang membuat mobil bisa berjalan, bahkan untuk melaju kencang. Sebaliknya, jika kekurangan “bensin” atau bahkan kosong sama sekali, mobil pun berjalan tersendat dan pada akhirnya akan mogok di tengah jalan sebelum sampai di tujuan.

Sedemikian pentingnya peran santap pagi bagi tubuh kita, namun sayangnya banyak orang menganggap remeh dan melewatkan ritual sarapan begitu saja. Alasannya beragam, seperti takut gemuk, tidak ada waktu, bangun kesiangan, tidak lapar, malas, dan tidak terbiasa. Padahal, tubuh perlu asupan makanan untuk mengganti energi dalam tubuh yang terus berkurang sepanjang malam, sehingga organ tubuh tetap dapat bekerja optimal.

Sebuah penelitian terbaru juga mengungkapkan manfaat lain dari aktivitas makan pagi, yakni membuat berat badan lebih ideal alias ramping. Mungkin agak sulit dipercaya, apalagi bagi Anda yang meyakini bahwa untuk mengurangi bobot badan haruslah mengurangi makan juga. Lantas, mengapa kita justru dianjurkan para ahli gizi untuk sarapan?

Pernyataan bahwa sarapan membuat bobot lebih ideal tentu bukan tanpa bukti. Berdasarkan data Survei Kesehatan Nasional Amerika Serikat terhadap orang dewasa, didapati bahwa orang yang menyantap makanan rendah kalori dalam menu sarapan mereka cenderung memiliki kualitas diet yang lebih baik. Di samping itu, pria yang mengonsumsi sarapan sehat secara umum memiliki badan lebih ideal. Pada wanita, mereka yang terbiasa sarapan juga cenderung memiliki berat badan lebih rendah ketimbang rekannya yang mengabaikan acara santap pagi.

Hal yang menarik dari studi terbaru ini adalah bahwa orang yang menyantap menu sarapan yang rendah “kepadatan energi” cenderung akan memilih makanan berkualitas baik (yang rendah kepadatan energi juga) pada jadwal makan berikutnya.

“Hal ini mungkin membantu mengendalikan berat badan yang lebih baik,” ungkap dr James Rippe, seorang ahli kardiologi yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Adapun yang dimaksud kepadatan energi adalah jumlah kalori yang terkandung dalam makanan. Sebagai contoh, buah, sayuran, dan biji-bijian tinggi serat memiliki kepadatan energi rendah, sementara pastry dan donat mengandung kalori alias kepadatan energi tinggi.

“Temuan terbaru menggarisbawahi pentingnya memilih sarapan rendah kalori atau kepadatan energi,” kata Rippe yang juga mengelola Rippe Lifestyle Institute di Shrewsbury, Massachusetts, AS.

Penelitian yang disebut-sebut Rippe didasarkan pada hasil survei terhadap lebih dari 12.000 orang dewasa di negeri Paman Sam yang berpartisipasi dalam tiga survei kesehatan selama kurun waktu 1999-2004. Secara umum, orang yang mengonsumsi menu sarapan rendah kalori cenderung akan memilih makanan berkalori lebih rendah selama sisa waktu makannya hari itu.

Secara grup spesifik, mereka juga dilaporkan memiliki kualitas diet lebih tinggi, yakni mengonsumsi menu lebih bervariasi dan mengandung lebih banyak vitamin dan mineral.

Sedangkan pada kaum adam, mereka yang mengonsumsi sarapan rendah kalori cenderung memiliki berat badan lebih rendah, meskipun faktor olahraga dan pendapatan turut memengaruhi. Sementara wanita, apa pun jenis sarapannya, mereka tetap berisiko lebih rendah mengalami obesitas jika membiasakan sarapan pagi. Adapun kunci utamanya adalah sarapan berkualitas tinggi, bukannya ngemil kue atau donat.

Laporan penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition tersebut mendukung studi sebelumnya yang menyebutkan bahwa orang yang terbiasa sarapan berisiko lebih rendah mengalami kegemukan.

Studi yang dilakukan terhadap ribuan remaja usia belasan di Minneapolis juga mengungkap, makin sering remaja menyantap menu sarapannya, makin rendah pula potensi mereka untuk kelebihan berat badan. Kesimpulan penelitian yang berlangsung selama lima tahun tersebut dimuat dalam jurnal Pediatrics edisi Maret 2008.

Merujuk hasil penelitian di atas, bila Anda tak pernah atau jarang sarapan pagi, sebaiknya segeralah mengubah budaya tersebut. Lalu, biasakan diri untuk makan pagi sebagai awal aktivitas Anda menjalani keseharian.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s


  • gadgeTTechs - Read the latest technology news about gadgets, laptop computers, hardware, software, digital camera, video games, including new product releases, and future technology trends.

  • Tulisan Terakhir: DISANGUAN

    6 Manusia Mirip Monster dengan berbagai Modifikasi Di Tubuhnya

    Disanguan.com – Bentuk tubuh ideal dan sempurna adalah dambaan setiap orang. Demi mewujudkan keinginannya memiliki bentuk tubuh yang ideal segala cara pun dilakukan, mulai dari diet ekstrim hingga operasi plastik. Menjadi manusia yang sempurna dengan bentuk tubuh ideal bukanlah hal mustahil. Semua orang akan tekesima apabila bentuk tubuh yang dimiliki tergolong sempurna. Selain itu rasa […]

    10 Cerita Asal Usul Hantu Indonesia yang Paling Menyeramkan, Berani Baca?

    Di Indonesia, berkembang ragam cerita mistis yang melibatkan berbagai jenis makhluk astral. Ada yang berangkat dari mitos lokal, ada pula yang diperkenalkan oleh film, serial TV, hingga reality show. Popularitas “mereka” tak lekang oleh zaman dan kerap jadi perbincangan dari generasi ke generasi. Terbukti, flm-film horor terus diproduksi dan bertengger lama di bioskop. Pengunjung berdatangan […]

    20 Foto Ini Jadi Lucu karena Momen “Tidak Sengaja” yang Tepat

    Dalam hidup, sering kali kita mengalami kejadian di luar dugaan. Ada yang menegangkan, ada yang mengejutkan, dan ada pula yang menyenangkan. Termasuk pula, saat mengabadikan momen dalam bentuk foto. Terkadang, kita kesal apabila saat pengambilan foto, photo bomber yang muncul tiba-tiba. Ada kalanya pula foto menjadi blur karena pergerakan objek. Namun, saat mestakung a.k.a semesta […]

    Menarik, 7 Hewan Liar yang Eksotis Ini Ternyata Legal untuk Dipelihara!

    Generasi anti-mainstream, jelas selalu ingin tampil beda dan alergi dengan kata “lumrah”. Termasuk pula, saat memilih hewan peliharaan. Kucing, anjing, ikan, burung, atau ular, terasa begitu wajar dan terlalu biasa, sehingga kurang menarik untuk diadopsi menjadi teman. Hanya saja, kamu pasti mengetahui bahwa hewan liar yang langka dan unik, tidak diperkenankan untuk menjadi peliharaan pribadi. […]

    5 Drama Korea Yang Wajib Anda Tonton!

    Disanguan – 5 Drama Korea Terpopuler Yang Wajib Anda Tonton! Seiring berkembangnya teknologi, semakin mudah seseorang mengakses segala hal yang menembus ruang dan waktu. Salah satunya dalam hal hiburan, yang berbasis elektronik. Dengan memanfaatkan gadget, Anda dapat menikmati segala bentuk hiburan seperti film, drama, musik, puisi, maupun game. Banyak diantara kita yang telah bosan dengan […]

    6 Artis yang Sering Pasang Foto Hot di Instagram. Bikin Iri atau Jatuh Hati?

    Di zaman serba digital, kini masyarakat bebas mengekspresikan dirinya. Tak sedikit masyarakat umum hingga selebriti yang mengabadikan momentnya di platform media sosial. Tak ada larangan tentang apa saja yang boleh kita publikasikan. Oleh karena itu, banyak gambar berpose seksi didukung pakaian minimalis hingga bikini yang bertebaran di dunia maya. Sayangnya, banyak anak dibawah umur yang […]

    10 Photobomb Hewan Menggemaskan

    Dalam dunia fotografi terdapat sebutan photobomb. Photobomb adalah aksi usil seseorang dalam mengubah foto agar menjadi lucu bahkan kacau. Namun tak hanya manusia, ternyata hewan pula senang dengan kamera dan suka menghancurkan moment-moment indah dengan kejahilannya. Berikut akan kami sajikan kejahilan hewan yang ingin ikut berpose bersama. 1. Jerapah Hewan yang identik dengan leher yang […]

    “Group Voice Call” dan “Group Video Call”, Fitur yang dinanti penghuni WhatsApp Group

    Fitur Baru WhatsApp: Group Voice Call dan Group Video Call Group Voice Call dan Group Video Call, fitur yang memungkinkan sesama anggota grup di aplikasi perpesanan WhatsApp untuk bisa mengobrol bersama-sama sepertinya tak akan lama lagi segera diluncurkan, mengingat Facebook sebagai perusahaan induk dari WhatsApp ini telah menanamkan fitur Group Call di aplikasi pesan instan […]

    Cara Tanam dan Budidaya Baby Caisim

    Cara Tanam dan Budidaya Baby Caisim Baby caisim ini ditanam dengan naungan plastik, tanpa pindah tanam, dan dipanen dalam waktu lebih singkat. Wujud baby caisim tidak berbeda dengan caisim biasa. Hanya ukurannya lebih kecil dan terlihat lebih muda. Karena memang ia dipetik saat umurnya baru 20-25 hari, sementara caisim biasa dipanen umur 40-45 hari. Budidaya […]

    Berdoa Untuk Kaum Muslimin Dan Para Pemimpin Ketika Khotbah Kedua Sholat Jum’at

    Berdo’a adalah suatu permohonan seorang hamba kepada sang maha pencipta Allah Subhanahu wa Ta’ala yang disertai dengan kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan berada di sisi-Nya. Berdoa itu juga adalah ritual keagamaan yang slalu kita lakukan setiap saat, terutama saat-saat dimana kita membutuhkan pertolongan dan bimbingan-Nya serta juga dalam keadaan-keadaan khusus tertentu (semisal […]


%d bloggers like this: