Tools Keren untuk Masalah PC Anda bag. 1

Jika Anda adalah satu-satunya ahli komputer dalam keluarga Anda atau bahkan dalam lingkungan teman-teman, pasti Anda sering merasa bosan dengan pertanyaan-pertanyaan bodoh dari orang sekitar Anda seperti: “PC saya tidak bisa membaca CD”, “aplikasi x tiba-tiba rusak”, “saya lupa kata kunci”, dan sekumpulan pertanyaan lain yang menurut Anda sangat sederhana dan agak bodoh. Walaupun hal ini tampaknya sulit untuk Anda hindari, tapi ada beberapa cara bagi Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan sebuah solusi yang mudah dan cepat.

Caranya adalah dengan mengumpulkan beberapa aplikasi-aplikasi gratis dari internet, yang bersifat “portable” sehingga bisa Anda bawa ke mana-mana dan gunakan di mana saja. Cukup dengan sebuah USB murah (kapasitas sekitar 4GB), Anda bisa memotong pembicaraan dan penjelasan yang panjang serta melelahkan untuk orang-orang yang bertanya kepada Anda. Dan salah satu hal lain yang cukup penting adalah aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda ambil dengan “gratis“. Mari kita simak bersama daftar beberapa aplikasi tersebut.

Masalah Anti-Virus

Virus, Malware, SPAM, dan Spyware adalah salah satu masalah yang paling sering ditanyakan. Jawabannya adalah keluarkan USB Anda yang sudah berisi kopian ClamWin dan Avert Stinger dari McAfee dan hampir semua ancaman biasa bisa teratasi.

Selanjutnya, instalasikan Google Pack dan kopi folder “Norton Security Scan” dari folder “Program Files” ke dalam USB Anda. Anda kemudian mampu untuk menjalankan program (nss.exe) dari PC dengan Windows XP atau Vista manapun.

Jelajahi Permasalahan pada Software

Jika, PC tidak memiliki virus, maka mungkin permasalahan ada pada perangkat lunak yang sedang bekerja. Gunakan AutoRuns untuk menemukan apa yang bekerja pada saat PC melakukan boot, kemudian pindah ke Process Explorer untuk menemukan apa yang sebenarnya sekarang sedang bekerja.

Restorasi Data Hard Drive (HD)

Kerabat Anda sangat panik karena menghapus sesuatu yang penting, tetapi saat itu Anda justru hadir sebagai pahlawan. Dengan aplikasi Recuva versi portable, Anda akan mampu untuk merestorasi data dari dalam HD, kartu memori, dan pemutar MP3, bahkan aplikasi ini bisa mengembalikan beberapa file yang tidak bisa dilakukan oleh aplikasi serupa lainnya.

Akrabkan Diri dengan Format File

Anda sering mendengar para pengguna awam PC karena mereka menerima file penting, tapi tidak bisa membukanya. Mengapa? Biasanya karena mereka tidak memiliki perangkat lunak yang dibutuhkan. Untuk itu, coba masukkan OpenOffice.org Portable pada koleksi Anda, dan kerabat Anda pasti langsung bisa berurusan dengan dokumen Word, spreadsheet, presentasi, dan file sejenis lainnya.

Masih ada lagi aplikasi SoftMaker Office untuk PC yang lebih tua (bisa bekerja pada Windows 95) dan coba gunakan PDF-Xchange Viewer untuk berurusan dengan file PDF.

Baca Data dari CD Tua

Jika teman Anda komplain karena tidak bisa membaca file dari CD yang sudah agak tua, maka mungkin ada yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mencoba Unstoppable Copier. Aplikasi perestorasi data ini bisa mengambil setiap sektor yang bisa dibaca dari file Anda dan menyatukannya menjadi satu buah file.


  1. bubung

    uhhh smart banget dachhhh…..




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • gadgeTTechs - Read the latest technology news about gadgets, laptop computers, hardware, software, digital camera, video games, including new product releases, and future technology trends.
  • RSS Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: