Abaikan Kebersihan Mulut – Hati-Hati Terserang Beragam Penyakit

JANGAN remehkan kesehatan mulut karena berhubungan dengan kondisi fisik. Artinya, jika kesehatannya tidak terjaga, fisik rentan terserang penyakit.

Mulut adalah anggota tubuh yang sangat penting. Lewat mulut, siapa pun bisa menikmati aneka makanan dan minuman. Sebagai pintu masuk makanan, mulut adalah bagian tubuh yang bisa menunjukkan sehat atau tidaknya seseorang. Sayangnya, sebagian orang masih menempatkan kesehatan mulut pada urutan bawah. Padahal, sebagai tempat masuknya benda-benda asing, mulut seharusnya mendapatkan perhatian lebih.

Dalam beberapa penelitian, ditemukan adanya kaitan antara penyakit di mulut dengan masalah pada tubuh secara keseluruhan. Untungnya, mulut lebih mudah dieksplorasi dibandingkan dengan organ tubuh lain. Sebab, mulut bisa langsung mengenali gejalanya dan dapat segera menghentikan masalah yang mungkin timbul menjadi lebih parah.

Gejala umum yang bisa ditemukan dengan mudah, jika terjadi kerusakan pada tubuh ditandai dengan munculnya aroma napas yang tidak sedap. “Banyak kasus mengenai aroma mulut tidak sedap yang asalnya justru bukan dari mulut itu sendiri. Kasus yang paling sering terjadi adalah sinusitis,” kata ahli gigi dan mulut dari Universitas Kentucky, AS, Ted Raybould DMD.

Selain sinusitis, tanda awal yang ditunjukkan oleh mulut saat tubuh tidak sehat adalah mengeluarkan aroma napas yang tidak sedap. Hati-hati dengan tanda tersebut karena menandakan adanya infeksi kronis atau radang.

“Kumpulan lendir yang mengalir dari belakang hidung menuju bagian pangkal lidah, akan menjadi makanan bagi bakteri,” kata seorang mikrobiologis dari Universitas Tel Aviv, Mel Rosenberg PhD.

Ditambahkan Mel Rosenberg PhD, bakteri yang berada di pangkal tenggorokan tersebut mengandung sulfur. Yaitu sejenis gas dengan aroma yang tidak sedap dan mudah menguap. Gas itu dikenal dengan nama volatile sulfur compound (VSC), yang juga menjadi penyebab napas tidak sedap. Untuk mengatasinya, menurut Rosenberg, adalah dengan memulai mengubah kebiasaan saat berkumur dan menelan ludah. “Berkumur dengan menggunakan penyegar mulut lebih baik dilakukan sebelum tidur malam hari daripada pagi hari,” kata Rosenberg.

Hal itu penting karena mulut memproduksi lebih sedikit air liur di malam hari, jadi tidak perlu membasmi bakteri seperti yang dilakukan di pagi hari.

“Semakin lama bakteri tersebut bertahan hidup, akan semakin tajam pula aroma tidak sedap yang akan dihasilkannya. Jadi berkumurlah selama setengah menit dan utamakan bagian belakang lidah,” katanya.

Gejala kesakitan pada anggota tubuh lainnya juga ditunjukkan mulut dengan seriawan. Walaupun hingga saat ini belum ada yang mengetahui apa penyebab seriawan, apa pun penyebabnya, seriawan akan menyerang jantung jika virus herpes bergabung dengan seriawan. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal kesehatan Circulation, para peneliti menguji beberapa orang yang menunjukkan infeksi awal dari herpes simplex 1 (HSV1) dan memonitor mereka selama 4 tahun.

Ternyata, positif berisiko menderita serangan jantung. Semuanya berawal dari HSV1 yang berdiam di sistem nerves, sampai akhirnya rasa sakit, stres, atau rasa lelah menyerang dan menimbulkan seriawan. Para peneliti mencurigai bahwa saat virus tersebut aktif, timbul respons pada saraf di arteri jantung yang akan memicu gumpalan berbahaya.

Stres yang berlebihan juga dapat memicu seriawan dan serangan jantung. Menurunkan ketegangan dapat mengatasi kedua masalah tersebut. Dalam sebuah penelitian di Jerman, 21 orang penderita seriawan telah diminta untuk mengikuti program hipnotis selama 5 minggu. Mereka dilatih untuk mengatasi stres.

Setelah 6 bulan, mereka mengalami penurunan gejala seriawan hingga 43 persen dan tingkat stres yang lebih rendah. Tanda lainnya yang bisa diperlihatkan oleh mulut ketika terjadi gangguan pada tubuh adalah munculnya gusi berdarah. Peringatan yang disampaikan mulut itu adalah terjadinya infeksi yang serius.

Bukan hanya gusi yang mudah berdarah dan bengkak saja yang harus dihadapi, tapi kemungkinan ada kanker mematikan yang mengintai tubuh. Dalam penelitian terhadap 52.000 pria yang dilakukan para peneliti di Universitas Harvard, ternyata gusi yang terinfeksi memiliki kecenderungan terkena kanker pankreas sebanyak 63 persen lebih tinggi daripada yang mulutnya bebas infeksi.

Para peneliti menemukan bakteri bereaksi terhadap senyawa-senyawa yang berhubungan dengan pencernaan untuk membentuk suatu kondisi yang rentan terhadap pertumbuhan sel-sel kanker.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s


  • gadgeTTechs - Read the latest technology news about gadgets, laptop computers, hardware, software, digital camera, video games, including new product releases, and future technology trends.

  • Tulisan Terakhir: DISANGUAN

    6 Manusia Mirip Monster dengan berbagai Modifikasi Di Tubuhnya

    Disanguan.com – Bentuk tubuh ideal dan sempurna adalah dambaan setiap orang. Demi mewujudkan keinginannya memiliki bentuk tubuh yang ideal segala cara pun dilakukan, mulai dari diet ekstrim hingga operasi plastik. Menjadi manusia yang sempurna dengan bentuk tubuh ideal bukanlah hal mustahil. Semua orang akan tekesima apabila bentuk tubuh yang dimiliki tergolong sempurna. Selain itu rasa […]

    10 Cerita Asal Usul Hantu Indonesia yang Paling Menyeramkan, Berani Baca?

    Di Indonesia, berkembang ragam cerita mistis yang melibatkan berbagai jenis makhluk astral. Ada yang berangkat dari mitos lokal, ada pula yang diperkenalkan oleh film, serial TV, hingga reality show. Popularitas “mereka” tak lekang oleh zaman dan kerap jadi perbincangan dari generasi ke generasi. Terbukti, flm-film horor terus diproduksi dan bertengger lama di bioskop. Pengunjung berdatangan […]

    20 Foto Ini Jadi Lucu karena Momen “Tidak Sengaja” yang Tepat

    Dalam hidup, sering kali kita mengalami kejadian di luar dugaan. Ada yang menegangkan, ada yang mengejutkan, dan ada pula yang menyenangkan. Termasuk pula, saat mengabadikan momen dalam bentuk foto. Terkadang, kita kesal apabila saat pengambilan foto, photo bomber yang muncul tiba-tiba. Ada kalanya pula foto menjadi blur karena pergerakan objek. Namun, saat mestakung a.k.a semesta […]

    Menarik, 7 Hewan Liar yang Eksotis Ini Ternyata Legal untuk Dipelihara!

    Generasi anti-mainstream, jelas selalu ingin tampil beda dan alergi dengan kata “lumrah”. Termasuk pula, saat memilih hewan peliharaan. Kucing, anjing, ikan, burung, atau ular, terasa begitu wajar dan terlalu biasa, sehingga kurang menarik untuk diadopsi menjadi teman. Hanya saja, kamu pasti mengetahui bahwa hewan liar yang langka dan unik, tidak diperkenankan untuk menjadi peliharaan pribadi. […]

    5 Drama Korea Yang Wajib Anda Tonton!

    Disanguan – 5 Drama Korea Terpopuler Yang Wajib Anda Tonton! Seiring berkembangnya teknologi, semakin mudah seseorang mengakses segala hal yang menembus ruang dan waktu. Salah satunya dalam hal hiburan, yang berbasis elektronik. Dengan memanfaatkan gadget, Anda dapat menikmati segala bentuk hiburan seperti film, drama, musik, puisi, maupun game. Banyak diantara kita yang telah bosan dengan […]

    6 Artis yang Sering Pasang Foto Hot di Instagram. Bikin Iri atau Jatuh Hati?

    Di zaman serba digital, kini masyarakat bebas mengekspresikan dirinya. Tak sedikit masyarakat umum hingga selebriti yang mengabadikan momentnya di platform media sosial. Tak ada larangan tentang apa saja yang boleh kita publikasikan. Oleh karena itu, banyak gambar berpose seksi didukung pakaian minimalis hingga bikini yang bertebaran di dunia maya. Sayangnya, banyak anak dibawah umur yang […]

    10 Photobomb Hewan Menggemaskan

    Dalam dunia fotografi terdapat sebutan photobomb. Photobomb adalah aksi usil seseorang dalam mengubah foto agar menjadi lucu bahkan kacau. Namun tak hanya manusia, ternyata hewan pula senang dengan kamera dan suka menghancurkan moment-moment indah dengan kejahilannya. Berikut akan kami sajikan kejahilan hewan yang ingin ikut berpose bersama. 1. Jerapah Hewan yang identik dengan leher yang […]

    “Group Voice Call” dan “Group Video Call”, Fitur yang dinanti penghuni WhatsApp Group

    Fitur Baru WhatsApp: Group Voice Call dan Group Video Call Group Voice Call dan Group Video Call, fitur yang memungkinkan sesama anggota grup di aplikasi perpesanan WhatsApp untuk bisa mengobrol bersama-sama sepertinya tak akan lama lagi segera diluncurkan, mengingat Facebook sebagai perusahaan induk dari WhatsApp ini telah menanamkan fitur Group Call di aplikasi pesan instan […]

    Cara Tanam dan Budidaya Baby Caisim

    Cara Tanam dan Budidaya Baby Caisim Baby caisim ini ditanam dengan naungan plastik, tanpa pindah tanam, dan dipanen dalam waktu lebih singkat. Wujud baby caisim tidak berbeda dengan caisim biasa. Hanya ukurannya lebih kecil dan terlihat lebih muda. Karena memang ia dipetik saat umurnya baru 20-25 hari, sementara caisim biasa dipanen umur 40-45 hari. Budidaya […]

    Berdoa Untuk Kaum Muslimin Dan Para Pemimpin Ketika Khotbah Kedua Sholat Jum’at

    Berdo’a adalah suatu permohonan seorang hamba kepada sang maha pencipta Allah Subhanahu wa Ta’ala yang disertai dengan kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan berada di sisi-Nya. Berdoa itu juga adalah ritual keagamaan yang slalu kita lakukan setiap saat, terutama saat-saat dimana kita membutuhkan pertolongan dan bimbingan-Nya serta juga dalam keadaan-keadaan khusus tertentu (semisal […]


%d bloggers like this: