Microsoft Tegaskan Tak Akan Laporkan Pengguna Bajakan

Microsoft Indonesia menegaskan bahwa pihaknya tak hendak melaporkan perusahaan pengguna piranti lunak bajakan. Penegakan hukum diserahkan ke Polisi.

Hal itu disampaikan License Compliance Manager PT Microsoft Indonesia, Anti Suryaman. “Biarkan soal penegakan hukum menjadi domain polisi. Microsoft hanya melakukan sosialisasi supaya menggunakan software yang asli. Pasalnya banyak yang tidak tahu mengenai penggunaan software bajakan ini,” kata Anti di Apartemen Ciumbeluit.

Anti mengatakan, pada tahun 2007 di Indonesia, kerugian akibat piranti lunak bajakan ditaksir lebih dari USD 400 juta. Tingkat pengguna piranti lunak ilegal itu pun cukup tinggi, mencapai 84 persen dengan didominasi oleh kalangan perusahaan.

“Perusahaan-perusahaan di Indonesia memang masih banyak yang menggunakan software bajakan,” kata Anti.

Modus peredaran software bajakan juga beragam, termasuk dengan memalsukan sertifikasi software yang otentik. Uniknya harga software bajakan ini tidak terlalu jauh bedanya dengan harga software asli.

Dalam hal penggunaan software bajakan, Indonesia berada di peringkat 12 besar di dunia. Sedangkan di tingkat Asia, Indonesia peringkat ke-5. Penggunaan software bajakan di Indonesia sudah menyebar hingga ke daerah-daerah.

Menurut Anti, pelaku pembajakan didukung dengan kemampuan finansial yang memadai. Misalnya di China, ujarnya, produksi software dilakukan secara massal di sebuah tempat kemudian didistribusikan ke 23 negara, termasuk Indonesia.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s


  • gadgeTTechs - Read the latest technology news about gadgets, laptop computers, hardware, software, digital camera, video games, including new product releases, and future technology trends.
  • RSS Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Twitter Terbaru

  • statistik blog

    • 2,514,862 visitor
  • hit counters
    Addiehf Rank
    ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free
  • arsip


%d blogger menyukai ini: