Mau Piagam ‘Anti Sweeping’? Pakai SAM Dulu Dong

Software Asset Management (SAM) dari Microsoft diyakini bisa jadi langkah awal sebelum mendapatkan dokumen ‘anti sweeping’ piagam HKI. Untungnya, SAM disediakan gratis.

Untuk memudahkan perusahaan dalam mengecek ulang softwarenya memiliki lisensi atau jumlah lisensinya sudah seimbang dengan jumlah hardware, Microsoft menyediakan Software Asset Management (SAM) yang diberikan cuma-cuma. Melalui program ini sudah ada 20 perusahaan yang memperoleh piagam hak kekayaan intelektual (HKI) karena menggunaan software asli.

Hal itu dikemukakan Anti Suryaman, License Compliance Manager PT Microsoft Indonesia. Anti pun menegaskan dukungan Microsoft pada program Piagam HKI.

“Kami tidak memasang target waktu agar semua perusahaan di Indonesia menggunakan software asli. Tapi kami akan terus mendukung program Piagam HKI. Karena pada dasarnya SAM mendukung Piagam HKI. Hanya saja SAM gratis sedangkan Piagam HKI berbayar karena melibatkan pihak ketiga,” Anti memaparkan.

Salah satu pengguna SAM di Indonesia adalah Hotel Sheraton di Bandung. Bahkan, konon di Bandung baru Hotel Sheraton yang menggunakan SAM.

IT Manager Hotel Sheraton Agus Wuryanto mengatakan pihaknya telah menggunakan SAM sejak September 2007. SAM dipergunakan oleh Hotel Sheraton untuk menginventarisir lisensi software yang dipergunakan.

“SAM sangat membantu kami dalam proses inventarisasi lisensi software serta mendukung kami dengan memberikan update infomasi termasuk manfaat atas lisensi. Ditambah team SAM Microsoft Indonesia yang sangat membantu dalam mengimplementasikan SAM untuk 62 komputer yang kami miliki,” papar Agus di Apartement Ciumbeleuit, Rabu petang (3/12/2008).

Piagam HKI adalah dokumen sertifikasi yang menunjukkan bahwa sebuah perusahaan telah diaudit oleh Business Software Alliance (BSA). Piagam itu secara umum bisa menunjukkan bahwa sebuah perusahaan telah menggunakan piranti lunak legal.

Pihak BSA pernah mengklaim bahwa perusahaan yang memiliki Piagam HKI tak perlu di-sweeping oleh penegak hukum. Pemilik Piagam HKI akan menjalani audit ulang setiap 6 bulan atau satu tahun sekali.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s


  • gadgeTTechs - Read the latest technology news about gadgets, laptop computers, hardware, software, digital camera, video games, including new product releases, and future technology trends.
  • RSS Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: