Rumor Microsoft ‘Beli’ Yahoo Meragukan

Setelah Jerry Yang mundur dari Yahoo, muncul lagi spekulasi Microsoft akan berusaha mendapatkan bisnis pencarian Yahoo. Rumor yang ada dinilai masih meragukan.

Salah satu rumor yang beredar bisa dibaca di situs Times Inggris. Disebutkan bahwa perjanjian antara Microsoft dan Yahoo akan terwujud secara rumit, salah satunya mencakup tim manajemen yang terdiri dari Jonathan Miller (mantan AOL) dan Ross Levinsohn (mantan Fox Interactive).

Kabar perjanjian kerjasama ini terlalu banyak memiliki unsur yang meragukan. Salah satunya adalah nilai USD 20 miliar yang menjadi garis bawah kerjasama tersebut.

Berikut adalah beberapa poin dari rumor itu:

  • Microsoft akan menyediakan USD 5 miliar untuk tim Miller & Levinsohn yang akan menggalang USD 5 miliar lagi
  • Dana itu akan digunakan untuk mendapatkan sekitar 30 persen saham Yahoo
  • Microsoft akan mendapatkan 10 tahun kerjasama operasional untuk bisnis pencarian Yahoo
  • Microsoft juga akan mendapatkan opsi selama dua tahun untuk membeli bisnis itu senilai USD 20 miliar
  • Perjanjian itu akan meningkatkan pendapatan Yahoo USD 2 miliar per tahun

Menurut Erick Schonfeld dari TechCrunch, jika dibandingkan dengan rencana pembelian sebelumnya, akan terlihat banyak hal yang meragukan dari rumor tersebut. Misalnya:

  • Peningkatan pendapatan dari perjanjian dalam rumor mencapai dua kali lipat dari perkiraan di penawaran asli Microsoft. Bagaimana hal itu bisa terjadi dalam kondisi ekonomi saat ini?
  • Mengapa Microsoft akan melakukan kerjasama operasional belaka? Mengapa tidak mengambilalih saja bisnis pencarian Yahoo?
  • Bagaimana nilai bisnis pencarian yang hanya USD 1 miliar awal 2008 menjadi USD 20 miliar dalam dua tahun?

Di sisi lain, Levinsohn sudah menegaskan bahwa rumor terbaru yang menyeret-nyeret namanya itu hanya bohong belaka. Nama Levinsohn dan Miller memang kerap diseret-seret dalam rumor seputar penawaran Microsoft pada Yahoo awal tahun 2008 lalu.

Kara Swisher dari AllThingsDigital, bagian dari Wall Street Journal Digital Network, juga mengatakan kabar yang beredar dari Times Inggris itu tak benar. Nilai pasar Yahoo secara keseluruhan saja, ujar Kara mengutip sumber dari Yahoo dan Microsoft, hanya USD 16 miliar.

Bahkan agresivitas Carl Icahn dalam membeli saham Yahoo dinilai sebagai tanda bahwa memang tak akan ada perjanjian antara Yahoo dan Microsoft. Karena Icahn diyakini pasti tahu jika Microsoft memang sedang dalam proses membeli Yahoo, dan agresivitasnya baru-baru ini bisa dianggap sebagai insider trading.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s


  • gadgeTTechs - Read the latest technology news about gadgets, laptop computers, hardware, software, digital camera, video games, including new product releases, and future technology trends.
  • RSS Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: