CCTV Pintar Mampu Cegah Tindak Kejahatan

Sistem kamera CCTV makin jamak digunakan mengawasi berbagai tempat. Teknologinya pun kian canggih, bahkan negara Inggris tengah mengadopsi sistem CCTV pintar yang mampu memprediksi kemungkinan tindak kriminal sebelum kejadian berlangsung. Alhasil, tindak pencegahan pun bisa dilakukan.

Kamera tersebut bakal memonitor tindak tanduk manusia di area yang diawasinya. Jika ada gerak gerik seseorang yang mencurigakan dan mengarah ke tindak kriminal, sistem tersebut akan memperingatkan operator.

Ini adalah kali pertama teknologi tersebut diperkenalkan di Inggris, yaitu di wilayah Portsmouth. Sebelumnya, CCTV pintar itu dinyatakan sukses diuji coba di Amerika Serikat.

“Sistem dapat melaporkan tindak mencurigakan, misalnya orang yang mau mencuri mobil. Namun operator yang harus memutuskan apakah orang tersebut benar-benar akan berbuat kriminal atau tidak,” kata Nick Hewitson, Managing Director of Smart CCTV yang membesut teknologi itu.

Ditambahkannya bahwa software di sistem CCTV ini dapat menyaring informasi tidak penting sehingga hanya jika ada hal yang benar-benar mencurigakan saja operator akan diperingatkan.

Meski demikian, kritik tetap datang dari lembaga kebebasan sipil setempat. Mereka khawatir jika kamera ini salah mendeteksi sehingga orang yang tidak bersalah pun disergap polisi.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: