Undang-Undang Informasi dan Transaksi Eletronik (UU ITE)

Apakah dengan disahkannya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Eletronik (UU ITE, download disini) oleh DPR RI pada tanggal 25 Maret 2008 kemarin khususnya untuk;
pasal 27 ayat 1:

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.”

Pasal 27 ayat 3:

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.” dan

Pasal 28 ayat 2:

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).”

akankah dengan UU ITE tersebut bisa mengurangi situs/web indonesia yang ber-content “p#rno” dan/atau bisa mengurangi pencemaran nama baik di dunia internet secara signifikan. Dan [khususnya] bagaimana Eksistensi Blogger Indonesia kedepan dengan adanya UU ITE tersebut, karena ancaman pidana untuk ke 3 pasal tersebut tak main-main yaitu; penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak 1 milyar rupiah.😦

Namun yang sangat janggal-janggal-janggal sekali menurut saya bahwa UU ITE tersebut jelaslah bertentangan dengan UU Pasal 28 E ayat 2, ayat 3, dan Pasal 28 F UUD 1945 yang berbunyi; adanya perlindungan bagi kemerdekaan menyatakan pendapat dan kebebasan berekspresi di Indonesia [tanya kenapa?????].

Apakah Anda seorang Blogger, bagaimana Anda menanggapinya?


  1. Wawancara Roy Suryo tentang Situs Porno disini.

  2. Setiap ayat yang tertuang di dalam setiap pasal sebuah undang-undang, yang hanya di tulis satu kalimat atau satu paragrap pun, terkandung pengertian yang sangat luas. Bagi yang kurang memahami ‘hukum’ dan ‘perundang-undanganan’ tentu ‘membingungkan’ dan ‘sangat menakutkan’. Mudah-mudahan ‘kalimat’ saya berikut tidak termasuk ‘kalimat’ yang ‘melanggar undang-undang’;
    Sebuah teknologi informasi yang keberadaanya hampir dapat dikatakan ‘tanpa batas’ ini, selayaknya hanya dapat dijerat dengan ‘cara teknologi’ pula, hukum dan perundangan-undangan hanyalah akan menjadi sebuah ‘cara baru’ buat para ‘oknum’ yang pandai ‘bermain’ dalam setiap kesempitan. Yang paling ‘menakutkan’ bukanlah isi dari ‘undang-undang’ tadi, melainkan ‘oknum tadi’ yang senantiasa ‘piawai’ memanfaatkan ‘hukum dan undang-undang’ untuk dijadikan senjata mereka ‘memberangus’ orang-orang yang ‘lupa’ membuat kesalahan. Contoh: Undang-undang mengenai ‘pembajakan software’. Banyak ditemukan perampasan kepingan software oleh ‘oknum’, namun pada akhirnya ‘kepingan bajakan’ itu dapat kembali kepada ‘pemiliknya’ setelah membayar ‘upah pengganti pelanggaran undang-undang’. Nah apa jadinya kalau terus begini? makanya ikuti terus informasi yang akan tetap menghindari Anda dari ‘ketertinggalan’ di http://www.asepsaepudin.com, agar ‘kesalahan’ atau ‘kelupaan’ tidak melulu hadir dihadapan Anda dan mengancam ‘keihdupan’ Anda dari ‘tajamnya bayonet’ yang berada di ujung sebuah undang-undang.

  3. ah tai roy suryo…sok loe

  4. lousy undang-undang, tidak feasible

    lousy DPR

  5. berita yang menarik, kalo gitu gimana dong ada UU kaya gitu ini UU anti porno graphy. Eh tukeran link dong, blog ini bagus banget

  6. SOnny

    all of u …

    1. apa kalian lupa ? dibalik UU ITE , ada uang 30 triliun loh …. ladang korupsi bagi koruptor …. kita semua sedang dibodohi koruptor !!! hahahaha

    2. UU ITE hanya untuk melindungi pejabat yang berzina supaya video mereka tidak menyebar seperti yahya zaini , betul ???

    3. kenapa harus internet (terutama warnet) yang jadi korban ? bukannya yang mengakses ?

    4. kenapa bukan pelaku pornografi itu sendiri yang tidak ditindak ?????

    5. UU ITE ini jelas2 melanggar pasal 28 UUD Indonesia , tanya kenapa ??? COZ ADA 30 TRILIUN DISANA …. coba kalo uang itu buat pendidikan ??? apa gk pinter semua rakyat indonesia ???

    6. sekali lagi, JANGAN MAU DIBODOHI KORUPTOR (= “orang bodoh” )

  7. ersan

    Dari Undang undang ini jelas warnet akan jadi sasaran ladang pemerasan oleh aparat. aneh bin ajaib mau berantas pornografi di internet kok. warnet yang diserang, kenapa ngak dari ISPnya atau pelaku yang megakses situs tersebut. Buat UU kok setengah setengah. Ibaratnya kalau PLN mau mati lampu satu kota masak suruh warga mati satu persatu, tetapi cukup dari PLN nya saja. ya.. ngak.dan bagaimana kalau soft ware dari pemerintah ternyata tidak bisa memblok situs porno 100 %. ketika ada razia ternyata warnet yang kena getahnya. ini jelas pemerintah mau enaknya saja. Kalau begitu sebagai pengusaha warnet saya sarankan tutup saja akses internet di indonesia, biar bangsa ini tambah bodoh dan korupsi berkembang terus dan akhirnya negara ini hancur. atau saya sarankan pengusaha warnet untuk boiket/ tutup selama satu bulan. biar pemerintah lebih mengerti permsalahannya. Dari pada nantinya warnet pasti jadi ajang pemerasan oleh aparat. kita semua tahu bukan rahasia lagi kalau aparat kita sering memeras. TOLONG PAK MENTERI SELESAIKAN DULU MSALAH INI. Kami tunggu jawabannya OK. jangan hanya UU selesai tersus di biarkan. HIDUP Wanet !!!!!.

  8. Kayaknya nggak negatif-negatif amat. tergantung sudut pandangnya.

    Saya cenderung menyambut baik UU ini, setidaknya “pintu pertama” sudah terbuka untuk masuk ke perundang-undangan IT.

    masalah kekurangan yang ada, mari kita suarakan ke pembuat regulasi, tentunya tepat cara & sasaran -nya. Menkoninfo.

  9. azreal de anonyme

    UU ITE hanya undang-undang orang bodoh untuk menutupi kebobohanya……..

  10. realkey

    Dunia maya menurut saya adalah dunia yang tidak nyata. Jadi hal-hal yang berkaitan dengan dunia maya sebenarnya harus secara bijak jika mau diatur.
    bagaimana jika para hack(programer2 dunia maya) gampang sekali menjerumuskan orang lain masuk penjara menggunakan kedua hal diatas… dia bisa menyelinap ke email, komputer orang kemudan menggunakan email/komputer orang itu merusak nama baik orang/merugikan orang lain, menyebabkan sang korban terbloskan ke penjara.. wkkk.. memang belum terjadi tapi kemungkinan hal itu 100% ada…
    kemudian pembajakan… apakah mampu satu negara menangkap semua pelaku pembajakan dimana 90%(downloader) pelaku hanyalah korban satu sistem yang dibangun founding fathers(hakers2 kelas kakap) yang mencari untung akan hal itu…

    Sebenarnya anggap saja dunia maya itu dunia bebas lepas… yang penting diatur dan penting dibuat itu hanyalah mengenai penipuan uang dan perlindungan konsumen aja menurut saya bukan hal diatas.

    Yang pentingkan filter pikiran masing2 apa itu isinya boong, bukan uu yang nanti membungkam kebebasan berbicara lewat internet.
    pasal 27 ayat 1:

    “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.”
    (ini mungkin masuk akal)

    Pasal 27 ayat 3:

    “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.” dan
    (ini gak masuk akal)
    Pasal 28 ayat 2:

    “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).”
    (ini gak masuk akal)

  11. wah.. nuhun pisan nih
    lagi nyari buat Tugas Kuliah.. gak taunya ada disini.. komplit.. heheheh..

  1. 1 Do you know Indonesian new Electronic & Information Transaction (UU ITE) ? « Bheri [at] another world

    […] UU nya, kalau belum dapat silahkan download disini (link tersebut saya dapatkan dari posting blog addief). Sepertinya tidak negatif-negatif amat, tergantung sudut pandangnya. Saya cenderung menyambut baik […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • gadgeTTechs - Read the latest technology news about gadgets, laptop computers, hardware, software, digital camera, video games, including new product releases, and future technology trends.
  • RSS Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Twitter Terbaru

  • statistik blog

    • 2,515,647 visitor
  • hit counters
    Addiehf Rank
    ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free
  • arsip


%d blogger menyukai ini: